Jangan terlewatkan informasi terkini dari Pacoyos.com. Subscribe Now!

Fungsi Netcut Untuk memutus Koneksi Wifi Orang Lain

Bosan menikmati jaringan wifi publik karena lemot,maka gunakan ini untuk memperbaiki koneksi agar lebih baik



Aplikasi Netcut merupakan tool pengelola jaringan yang dibuat oleh Arcai pada tahun 2001. Arcai sendiri merupakan komunitas yang secara aktif mengembangkan berbagai jenis aplikasi sejak tahun 1999. Peluncuran aplikasi ini dilakukan oleh Arcai dengan memanfaatkan kelemahan Address Resolution Protocol (ARP). Saat ini, Netcut tidak hanya tersedia untuk perangkat Windows, tetapi juga Android.

Banyak orang yang menganggap pengertian Netcut sebagai aplikasi berbahaya. Apalagi, Netcut sering digunakan oleh orang tak bertanggung jawab untuk menyusup dan mencuri koneksi internet dari sebuah jaringan. Apalagi, Netcut merupakan aplikasi yang cukup mudah untuk digunakan, bisa dipakai oleh siapa saja.




Kalau digunakan secara benar, Netcut merupakan aplikasi yang bermanfaat. Dengan menggunakan Netcut, Anda dapat mengelola jaringan internet. Kalau perlu, Anda bisa membatasi dan bahkan memutus koneksi internet komputer atau smartphone yang ada di jaringan.

Hanya saja, dalam pemakaiannya, Netcut tidak mengharuskan penggunanya untuk memiliki akses sebagai administrator. Seorang user biasa, dengan memakai Netcut, bisa bertindak layaknya seorang administrator jaringan. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengetahui langkah preventif untuk mengantisipasi penyusup yang menyalahgunakan Netcut.

FUNGSI DAN CARA KERJA APLIKASI NETCUT

Pengertian Netcut sebagai aplikasi pengelola jaringan tidak lepas dari fungsinya dalam me-manage perangkat yang terhubung pada network. Ada 5 fungsi utama yang bisa Anda manfaatkan dari Netcut, yaitu:

1. Memantau perangkat yang terhubung dengan jaringan

Fungsi pertama dari aplikasi Netcut adalah memantau jaringan komputer. Dengan memakai aplikasi ini, Anda dapat melihat perangkat-perangkat yang terhubung di dalam jaringan. Dengan berdasarkan informasi ini, Anda bisa mengetahui ada tidaknya penyusup di jaringan.


Baca juga : Cara internetan gratis seumur hidup

2. Mengontrol penggunaan bandwidth internet

Pengertian Netcut sebagai aplikasi pengelola jaringan juga bisa didapatkan dari kemampuannya dalam mengontrol pemakaian bandwidth internet dalam jaringan. Fitur ini bisa Anda manfaatkan kalau mendapati perangkat yang menyedot bandwidth dalam jumlah besar dan kemudian membuat akses perangkat lain lambat.

3. Mengelola akses internet perangkat dalam jaringan

Penggunaan aplikasi Netcut tidak hanya berguna untuk membatasi pemakaian bandwidth. Anda juga bisa mengizinkan dan menolak koneksi internet dari sebuah perangkat. Bahkan, kalau mau Anda juga dapat memakai Netcut untuk mematikan koneksi internet secara total.

4. Mengetahui MAC address setiap perangkat dalam jaringan

Aplikasi Netcut juga memungkinkan Anda untuk mengetahui MAC address dari semua perangkat dalam jaringan. Tidak hanya itu, Netcut juga memberi Anda akses untuk melakukan clone MAC address dari sebuah perangkat yang terhubung.


Baca juga : Apa itu phising dan cara agar tidak terkena jebakannya

5. Melindungi komputer dari serangan ARP spoof

Terakhir, Netcut juga memiliki fungsi untuk melindungi komputer dari serangan cyber, khususnya serangan yang memakai teknik ARP spoof. Cara Netcut menangkal ARP spoof dilakukan dengan memperbaiki ARP mapping. Terdapat fitur Protect My PC pada Netcut yang memungkinkan Anda memperoleh fungsi ini.

Lalu, bagaimana cara kerja Netcut dalam menjalankan fungsi-fungsinya tersebut? Arcai mendesain aplikasi Netcut bekerja dengan metode ARP spoofing. Metode memang sangat rentan dan cukup berbahaya karena dilakukan dengan melakukan penyadapan pada komunikasi yang terjadi di dalam jaringan.

Dalam sebuah jaringan, ARP merupakan protokol yang dimanfaatkan untuk komunikasi dalam menyalurkan akses internet. Nah, ARP spoofing dilakukan dengan mengirimkan pesan ARP palsu kepada jaringan lewat alamat IP perangkat lain. Selanjutnya, traffic yang masuk ke IP komputer target, bisa dialihkan ke perangkat milik penyerang.

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI NETCUT

Seperti yang telah dijelaskan, Netcut dapat digunakan pada perangkat Windows dan Android. Anda dapat secara langsung mengunduh aplikasi Netcut melalui situs resmi Arcai. Untuk pemakaian di perangkat PC Windows, cara penggunaan Netcut sangat mudah, yaitu:
  • Lakukan proses instalasi. Aplikasi ini dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah, karena tidak membebani kinerja PC secara berlebihan. Selain itu, Netcut juga tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows 8, hingga Windows 10.
  • Setelah instalasi selesai, Anda bisa mengeklik tombol Scan. Ketika proses pemindaian berakhir, Anda dapat menggunakan berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi. Hanya saja, hati-hati untuk tidak memutus koneksi internet pada komputer yang Anda gunakan. 


Untuk penggunaan aplikasi Netcut pada perangkat Android, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pastikan smartphone Android dalam kondisi rooted. Aplikasi Netcut hanya bisa dipasang pada smartphone Android root.
  2. Unduh dan instal aplikasi Netcut. Hanya saja, Netcut untuk Android tidak akan bisa ditemukan pada Google Play. Sebagai gantinya, pengertian Netcut yang merupakan aplikasi pengelola jaringan ini bisa Anda temukan melalui situs resmi Arcai.
  3. Setelah instalasi selesai, Anda dapat menekan tombol Scan. Langkah ini dilakukan untuk melakukan pemindaian pada jaringan yang tengah digunakan.
  4. Mulai manfaatkan fungsi Netcut. Ketika proses pemindaian selesai, Anda bisa membatasi akses internet perangkat lain, memutus koneksi internet, ataupun mengetahui siapa saja yang tengah memanfaatkan koneksi internet dalam jaringan. 

CARA MENGATASI PENYUSUP YANG MEMAKAI APLIKASI NETCUT

Pengertian Netcut sebagai aplikasi pengelola jaringan memang memberi manfaat. Namun, di sisi lain aplikasi ini juga sering disalahgunakan sebagai perangkat untuk menyusup ke jaringan lain. Keberadaan penyusup yang memakai Netcut akan merugikan para pengguna lain di dalam jaringan.

Untuk mengantisipasi adanya penyusup jaringan yang memanfaatkan Netcut atau aplikasi lain yang menyerang dengan teknik ARP spoofing, dapat memanfaatkan beberapa perangkat lunak seperti:

1. Netcut Defender

Seperti halnya Netcut, Netcut Defender merupakan aplikasi lunak yang dibuat oleh Arcai. Aplikasi ini bisa mengamankan komputer dari serangan ARP spoofing, termasuk serangan yang memakai aplikasi Netcut. Pemakaian aplikasi Netcut Defender juga sangat mudah, tanpa diperlukan pengaturan yang njelimet.

2. ARP Guard

Para pengguna smartphone Android bisa menggunakan aplikasi ARP Guard untuk menangkal serangan ARP spoofing. Pemakaian aplikasi ini juga bisa menghindarkan Anda dari praktik pencurian data pribadi yang tersimpan di ponsel.


Baca juga : Apa itu serangan DDOS

3. Wireshark

Selanjutnya, Anda juga bisa mengantisipasi serangan ARP spoofing aplikasi Netcut memakai Wireshark. Aplikasi ini bekerja dengan menjaga keamanan jaringan secara menyeluruh. Selain itu, aplikasi Wireshark juga bisa diunduh secara gratis, dan merupakan aplikasi open source.
Creator AnymPedia

Posting Komentar

© PACOYOS. All rights reserved. Developed by Jago Desain